5 Tips Agar Istiqomah Sholat Tahajud

5 Tips Agar Istiqomah Sholat Tahajud

Seorang muslim harus banyak bertindak daripada hanya sekedar berencana. Misalnya jika kita ingin bisa istiqomah bangun malam untuk sholat tahajud, maka usahakanlah untuk benar-benar mewujudukannya.

Lalu bagaimana agar kita bisa rutin sholat tahajud meningat ibadah sunnah ini sangat banyak memiliki keisitmewaan.

Di antaranya sebagai penghapus dosa, meraih keridhaan Allah Swt, kecintaan para malaikat, sunnah para Nabi, menenangkan jiwa, keberkahan bagi rezeki, hingga mudah terkabulnya doa pada waktu tajahud.

Coba ikuti langkah-langkah berikut agar kita bisa bangun malam untuk melaksanakan Qiyamu Lail.

1. Niatkan sungguh-sungguh untuk sholat tahajud

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah niat.

Niatkan dalam hati akan melaksanakan sholat tahajud karena Allah SWT. Niat yang kuat bisa menumbuhkan rasa lebih bersemangat dan tidak mudah untuk digoyahkan meski ketika bangun rasa ngantuk begitu melanda.

2. Makan malam secukupnya

Banyak makan dan minum biasanya akan membuat tidur pulas, sehingga akan sulit bagi kita untuk beribadah di malam hari. Jadi, makanlah lebih sedikit dan berhenti makan sebelum kenyang. Karena perut yang berisi (banyak makan) cenderung akan membuat kita malas dalam beribadah.

3. Tidur lebih awal

Seperti yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw, tidur lebih awal setelah melaksanakan sholat isya juga bisa membantu agar kita mudah terbangun di sepertiga malam. Usahakan untuk tidur tidak lebih dari jam 9 malam.

Jika tubuh kita sudah terbiasa tidur di jam 9 malam, maka bangun pada pukul 2 atau 3 dini hari tidak akan menjadi masalah. Membiasakan tidur lebih awal mempunyai banyak manfaat, seperti memberikan waktu istirahat lebih banyak bagi tubuh . Ketika bangun, badan pun akan terasa lebih segar dan bugar.

4. Pasang alarm

Cara mudah agar bisa bangun sholat tahajud salah satunya bisa memanfaatkan alarm pada smartphone. Para ulama menyarankan untuk melakukan salat tahajud di sepertiga malam yaitu sekitar jam 3 dini hari. Pasang alarm sesuai dengan jam yang direncanakan.

5. Tidur miring ke kanan

Cara agar mudah bangun sholat tahajud berikutnya adalah tidur dengan posisi tubuh miring ke kanan. Selain ini merupakan sunnah yang diajarkan Rasulullah, posisi ini juga dapat membuat tubuh terjaga dengan baik sehingga kualitas tidur lebih optimal.

Ingatlah bahwa Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang mendirikan sholat malam.

Dan pada sebagian malam hari, bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS Al-Isra’: 79).

Yuk mulai hari ini mari kuatkan niat, bulatkan tekad, dan berdoa selalu kepada Allah Swt agar kita bisa istiqomah melaksanakan sholat tahajud setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *