5 Keajaiban Istighfar

5 Keajaiban Istighfar

Istighfar salah satu amalan yang sering kali dianggap remeh oleh sebagian manusia, padahal jika rutin diamalkan dampaknya akan sangat terasa dalam kehidupan sehari-hari.

Lafazh istighfar

Artinya : “Aku memohon ampunan kepada Allah.” (HR Muslim).

Dalam istighfar terkandung makna permintaan agar Allah melindungi kita dari kejahatan yang telah lalu akibat dosa-dosa yang kita perbuat. Sedangkan taubat berarti kembali kepada Allah dan minta dilindungi dari kejahatan yang akan datang akibat dosa-dosanya.

Berikut beberapa keajaiban istighfar :

1. Dengan istighfar hati akan terasa tenang

Allah berfirman :

Artinya :

Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Rabbmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus-menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberi kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat.” (QS. Huud : 3)

2. Sering beristighfar dapat menjadikan badan lebih sehat, terhindar dari banyak macam penyakit. seperti yang Allah sampaikan dalam Al Qur’an

 

Artinya :

“Dan (dia berkata):”Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Rabbmu lalu tobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa”. (QS. Huud : 52)

3. Mengamalkan istighfar dapat menghindarkan kita dari bencana dan terjaga dari fitnah. Seperti yang Allah sampaikan :

 

Artinya :

“Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun”. (QS. Al Anfal : 33)

4. Melalui istighfar kita bisa memohon datangnya hujan, rezeki yang lancar, keturunan yang sholeh sholehah 

“Maka aku katakan kepada mereka : ”Mohonlah ampun kepada Rabbmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh : 10-12)

5. Istighfar yang sering diucapkan dapat menjadikan dosa-dosa kita diampuni, mendatangkan pahala hingga menaikkan derajat. 

 

 

Artinya :

Dan (ingatlah), ketika Kami berfirman : ”Masuklah kamu ke negeri ini (Baitul Maqdis), dan makanlah dari hasil buminya, yang banyak lagi enak di mana yang kamu sukai, dan masukilah pintu gerbangnya dengan bersujud, dan katakanlah : ”Bebaskanlah kami dari dosa”, niscaya Kami ampuni kesalahan-kesalahanmu. Dan kelak Kami akan menambah (pemberian Kami) kepada orang-orang yang berbuat baik. (QS. Al Baqarah : 58)

Percaya atau tidak, banyak hajat kita yang Allah kabulkan karena fadhilah dari istighfar yang sering kita ucapkan. Yuk, praktikkan selalu beristighfar setiap saat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *