Penerapan Metode Azka untuk Sekolah

Penerapan Metode Azka untuk Sekolah

Peran pembelajaran tahsin Al Qur’an dalam pendidikan sekolah islam sangatlah penting. Karena sekarang, kegiatan tahsin tidak hanya dilakukan di pondok pesantren saja. Bahkan sekolah-sekolah umum pun ikut memasukkan program tahsin sebagai salah satu metode pembelajaran Al Qur’an bagi para siswanya.

Islamic boarding school banyak menjadi pilihan orang tua untuk memasukkan anak-anak mereka ke sekolah karena memiliki sistem pendidikan yang seimbang antara ilmu dunia dan akhirat. Semua itu dilakukan agar menghasilkan siswa-siswa yang berilmu dan berkarakter baik atau akhlakul karimah.

Mungkin bagi orang awam, belum terlalu familiar dengan istilah tahsin Al Qur’an. Tahsin sendiri merupakan istilah bahasa arab yang mempunyai arti membaguskan atau membuat lebih baik dari sebelumnya.

Sehingga tahsin Al-Qur’an dapat diartikan sebagai suatu kegiatan belajar untuk memperbaiki cara membaca Al Qur’an dengan lebih baik sesuai tajwid dan makhrojnya.

Orang yang ingin membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, harus mempelajari ilmu tahsin terlebih dulu. Adapun mafaat bagi siswa dengan mempelajari tahsin Al Qur’an yaitu :

  1. Siswa dapat membaca Al Qur’an dengan baik dan benar dari sebelumnya sesuai dengan hukum dan kaidah ilmu tajwid yang diajarkan oleh Rasulullah Saw.
  2. Sebagai bentuk siswa dalam memuliakan kitab suci Al Qur’an
  3. Siswa dapat berperan sebagai penjaga Al-Qur’an dari kesalahan arti ketika bisa membacanya dengan baik dan benar.
  4. Siswa dapat menjadikan Al-Qur’an sebagai penyejuk hati ketika membacanya dengan baik dan benar, penyejuk bagi pembacanya juga bagi yang mendengarkannya.
  5. Siswa bisa menjadi sebaik-baik manusia di hadapan Allah swt baik di dunia maupun di akhirat.

Salah satu panduan tahsin qiroah yang sudah banyak menjadi rekomendasi berbagai lembaga dan sekolah adalah Metode Azka.

Metode Azka bisa menjadi alternatif metode pembelajaran tahsin bagi siswa di tengah banyaknya metode lain yang bermunculan. Dengan metode pembelajaran yang smart membuat proses belajar lebih menyenangkan. Dan dengan penyajian materi secara komperhensif, menjadikan siswa lebih mengerti dan paham keseluruhan ilmu tahsin Al Qur’an dari awal hingga akhir.

Untuk dapat bekerja sama dalam menerapkan Metode Azka baik untuk perorangan, lembaga, atau sekolah silahkan bisa hubungi kontak admin.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *