5 Tips Agar Istiqomah Sholat Tahajud

5 Tips Agar Istiqomah Sholat Tahajud

Seorang muslim harus banyak bertindak daripada hanya sekedar berencana. Misalnya jika kita ingin bisa istiqomah bangun malam untuk sholat tahajud, maka usahakanlah untuk benar-benar mewujudukannya.

Lalu bagaimana agar kita bisa rutin sholat tahajud meningat ibadah sunnah ini sangat banyak memiliki keisitmewaan.

Di antaranya sebagai penghapus dosa, meraih keridhaan Allah Swt, kecintaan para malaikat, sunnah para Nabi, menenangkan jiwa, keberkahan bagi rezeki, hingga mudah terkabulnya doa pada waktu tajahud.

Coba ikuti langkah-langkah berikut agar kita bisa bangun malam untuk melaksanakan Qiyamu Lail.

1. Niatkan sungguh-sungguh untuk sholat tahajud

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah niat.

Niatkan dalam hati akan melaksanakan sholat tahajud karena Allah SWT. Niat yang kuat bisa menumbuhkan rasa lebih bersemangat dan tidak mudah untuk digoyahkan meski ketika bangun rasa ngantuk begitu melanda.

2. Makan malam secukupnya

Banyak makan dan minum biasanya akan membuat tidur pulas, sehingga akan sulit bagi kita untuk beribadah di malam hari. Jadi, makanlah lebih sedikit dan berhenti makan sebelum kenyang. Karena perut yang berisi (banyak makan) cenderung akan membuat kita malas dalam beribadah.

3. Tidur lebih awal

Seperti yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw, tidur lebih awal setelah melaksanakan sholat isya juga bisa membantu agar kita mudah terbangun di sepertiga malam. Usahakan untuk tidur tidak lebih dari jam 9 malam.

Jika tubuh kita sudah terbiasa tidur di jam 9 malam, maka bangun pada pukul 2 atau 3 dini hari tidak akan menjadi masalah. Membiasakan tidur lebih awal mempunyai banyak manfaat, seperti memberikan waktu istirahat lebih banyak bagi tubuh . Ketika bangun, badan pun akan terasa lebih segar dan bugar.

4. Pasang alarm

Cara mudah agar bisa bangun sholat tahajud salah satunya bisa memanfaatkan alarm pada smartphone. Para ulama menyarankan untuk melakukan salat tahajud di sepertiga malam yaitu sekitar jam 3 dini hari. Pasang alarm sesuai dengan jam yang direncanakan.

5. Tidur miring ke kanan

Cara agar mudah bangun sholat tahajud berikutnya adalah tidur dengan posisi tubuh miring ke kanan. Selain ini merupakan sunnah yang diajarkan Rasulullah, posisi ini juga dapat membuat tubuh terjaga dengan baik sehingga kualitas tidur lebih optimal.

Ingatlah bahwa Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang mendirikan sholat malam.

Dan pada sebagian malam hari, bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS Al-Isra’: 79).

Yuk mulai hari ini mari kuatkan niat, bulatkan tekad, dan berdoa selalu kepada Allah Swt agar kita bisa istiqomah melaksanakan sholat tahajud setiap hari.

5 Keajaiban Istighfar

5 Keajaiban Istighfar

Istighfar salah satu amalan yang sering kali dianggap remeh oleh sebagian manusia, padahal jika rutin diamalkan dampaknya akan sangat terasa dalam kehidupan sehari-hari.

Lafazh istighfar

Artinya : “Aku memohon ampunan kepada Allah.” (HR Muslim).

Dalam istighfar terkandung makna permintaan agar Allah melindungi kita dari kejahatan yang telah lalu akibat dosa-dosa yang kita perbuat. Sedangkan taubat berarti kembali kepada Allah dan minta dilindungi dari kejahatan yang akan datang akibat dosa-dosanya.

Berikut beberapa keajaiban istighfar :

1. Dengan istighfar hati akan terasa tenang

Allah berfirman :

Artinya :

Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Rabbmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus-menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberi kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat.” (QS. Huud : 3)

2. Sering beristighfar dapat menjadikan badan lebih sehat, terhindar dari banyak macam penyakit. seperti yang Allah sampaikan dalam Al Qur’an

 

Artinya :

“Dan (dia berkata):”Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Rabbmu lalu tobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa”. (QS. Huud : 52)

3. Mengamalkan istighfar dapat menghindarkan kita dari bencana dan terjaga dari fitnah. Seperti yang Allah sampaikan :

 

Artinya :

“Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun”. (QS. Al Anfal : 33)

4. Melalui istighfar kita bisa memohon datangnya hujan, rezeki yang lancar, keturunan yang sholeh sholehah 

“Maka aku katakan kepada mereka : ”Mohonlah ampun kepada Rabbmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh : 10-12)

5. Istighfar yang sering diucapkan dapat menjadikan dosa-dosa kita diampuni, mendatangkan pahala hingga menaikkan derajat. 

 

 

Artinya :

Dan (ingatlah), ketika Kami berfirman : ”Masuklah kamu ke negeri ini (Baitul Maqdis), dan makanlah dari hasil buminya, yang banyak lagi enak di mana yang kamu sukai, dan masukilah pintu gerbangnya dengan bersujud, dan katakanlah : ”Bebaskanlah kami dari dosa”, niscaya Kami ampuni kesalahan-kesalahanmu. Dan kelak Kami akan menambah (pemberian Kami) kepada orang-orang yang berbuat baik. (QS. Al Baqarah : 58)

Percaya atau tidak, banyak hajat kita yang Allah kabulkan karena fadhilah dari istighfar yang sering kita ucapkan. Yuk, praktikkan selalu beristighfar setiap saat.

5 Alasan Penting Mengapa Harus Belajar Tahsin Al Qur’an ?

5 Alasan Penting Mengapa Harus Belajar Tahsin Al Qur’an ?

Apakah kita yakin sudah bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai ilmu tajwid? Sudah sesuikah bacaan Al-Qur’an kita seperti yang Rasulullah Saw ajarkan?

Kapan terakhir kali kita membaca Al-Qur’an di depan seorang guru, disimak, dan dikoreksi jika ada kesalahan? Apakah dulu ketika masa anak-anak?

Jika kita merasa sudah terlalu lama tidak membaca Al-Qur’an di hadapan seorang guru, sepertinya sekarang sudah saatnya kita belajar tahsin Al Qur’an.

Sebelum memulai, kita harus tahu dulu untuk apa perlu belajar tahsin.

Tahsin sendiri memiliki arti memperbaiki atau memperindah bacaan Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid yang diajarkan oleh Rasulullah Saw yaitu mengeluarkan huruf dari makhrajnya atau tempat keluarnya sesuai dengan sifatnya, dan memperhatikan hukum bacaannya. Jika semua sudah terpenuhi, maka membaca Al-Qur’an akan terasa lebih nikmat.

Berikut 5 alasan penting mengapa kita harus belajar tahsin Al-Qur’an.

1. Membaca Al-Qur’an sesuai tajwid hukumnya fardhu ‘ain

Seperti yang Allah jelaskan dalam Al Qur’an surat Al Muzzammil ayat 4

“Dan tartilkanlah Al-Qur’an dengan setartil-tartilnya.”

Ali bin Abi Thalib menjelaskan makna tartil dalam ayat tersebut, ”Mentajwidkan huruf-hurufnya dengan mengetahui tempat-tempat berhentinya”.

Mempelajari teori hukum Al Qur’an merupakan fardhu kifayah, namun dalam praktiknya membaca Al Qur’an sesuai tajwid hukumnya fardhu a’in bagi setiap muslim. Agar dapat membaca Al Qur’an sesuai dengan hukum tajwid, maka diperlukanlah belajar tahsin ilmu Al Qur’an.

2. Merupakan bentuk memuliakan Al-Qur’an

Belajar tahsin Al-Qur’an merupakan salah satu bentuk memuliakan kalam Allah, dengan begitu kita ikut menjaga kemurnian Al-Qur’an dari kesalahan cara membacanya yang bisa menyebabkan salah arti. Karena ketika sudah mengetahui ilmu tahsin tersebut, kita akan lebih berhati-hati pada saat membaca Al Qur’an.

3. Menjaga kemurnian arti dan makna sebuah ayat Al-Qur’an

Kesalahan pada pengucapan huruf hijaiyah bisa menyebabkan kesalahan yang fatal. Seperti misal membaca surat Al Ikhlas, akan berbeda membaca qul dengan kul. Qul huwallahu ahad berarti “Katakanlah; Dialah Allah yang Maha Esa” sementara kul huwallahu ahad berarti “Makanlah; Dialah Allah yang Maha Esa.”

Sungguh itu merupakan kesalahan yang fatal. Itu baru terjadi pada satu huruf, bagaimana jika kita juga melakukan kesalahan dalam pengucapan pada huruf-huruf hijaiyah yang lainnya. Oleh karenanya belajar tajwid merupakan urgensi bagi kita sebagai muslim.

4. Agar menjadi obat bagi pembaca dan pendengarnya

Sudah pernakah jiwa kita merasakan kenikmatan luar biasa setelah membaca Al Qur’an? Kegundahan hati otomatis redam, pikiran yang gelisah pun menjadi tenang. Jika Al Qur’an belum memberikan pengaruh sampai seperti itu, bisa jadi ada yang salah dari bacaan kita.

Padahal Allah sendiri yang menjanjikan bahwa Al Qur’an adalah obat penawar bagi para pembacanya.

Agar kita bisa merasakan kenikmatan dari Al Qur’an yang kita baca sendiri, salah satu caranya adalah dengan memberikan hak-hak pada setiap huruf yang dilafadzkan. Hak-hak di sini dalam artian, setiap huruf Al Qur’an yang keluar dari lisan kita, pastikan keluar dari tempat atau makhraj yang benar dan sesuai dengan sifatnya.

5. Agar kita menjadi sebaik-baik manusia di mata Allah Swt.

Rasulullah Saw bersabda :

خيركم من تعلم القرءان و علمه

“Sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-Quran dan mengajarkannya” ( HR. Bukhari)

Tidakkah kita menginginkan menjadi sebaik-baik hamba di mata Allah yang waktu hidupnya dihabiskan untuk belajar dan mengaar Al Qur’an?

Yuk, perbaiki bacaan Al Qur’an kita dengan bersedia meluangkan waktu untuk belajar Tahsin Al Qur’an diiringi niat yang kuat dan ikhlas karena Allah Swt.

Penerapan Metode Azka untuk Sekolah

Penerapan Metode Azka untuk Sekolah

Peran pembelajaran tahsin Al Qur’an dalam pendidikan sekolah islam sangatlah penting. Karena sekarang, kegiatan tahsin tidak hanya dilakukan di pondok pesantren saja. Bahkan sekolah-sekolah umum pun ikut memasukkan program tahsin sebagai salah satu metode pembelajaran Al Qur’an bagi para siswanya.

Islamic boarding school banyak menjadi pilihan orang tua untuk memasukkan anak-anak mereka ke sekolah karena memiliki sistem pendidikan yang seimbang antara ilmu dunia dan akhirat. Semua itu dilakukan agar menghasilkan siswa-siswa yang berilmu dan berkarakter baik atau akhlakul karimah.

Mungkin bagi orang awam, belum terlalu familiar dengan istilah tahsin Al Qur’an. Tahsin sendiri merupakan istilah bahasa arab yang mempunyai arti membaguskan atau membuat lebih baik dari sebelumnya.

Sehingga tahsin Al-Qur’an dapat diartikan sebagai suatu kegiatan belajar untuk memperbaiki cara membaca Al Qur’an dengan lebih baik sesuai tajwid dan makhrojnya.

Orang yang ingin membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, harus mempelajari ilmu tahsin terlebih dulu. Adapun mafaat bagi siswa dengan mempelajari tahsin Al Qur’an yaitu :

  1. Siswa dapat membaca Al Qur’an dengan baik dan benar dari sebelumnya sesuai dengan hukum dan kaidah ilmu tajwid yang diajarkan oleh Rasulullah Saw.
  2. Sebagai bentuk siswa dalam memuliakan kitab suci Al Qur’an
  3. Siswa dapat berperan sebagai penjaga Al-Qur’an dari kesalahan arti ketika bisa membacanya dengan baik dan benar.
  4. Siswa dapat menjadikan Al-Qur’an sebagai penyejuk hati ketika membacanya dengan baik dan benar, penyejuk bagi pembacanya juga bagi yang mendengarkannya.
  5. Siswa bisa menjadi sebaik-baik manusia di hadapan Allah swt baik di dunia maupun di akhirat.

Salah satu panduan tahsin qiroah yang sudah banyak menjadi rekomendasi berbagai lembaga dan sekolah adalah Metode Azka.

Metode Azka bisa menjadi alternatif metode pembelajaran tahsin bagi siswa di tengah banyaknya metode lain yang bermunculan. Dengan metode pembelajaran yang smart membuat proses belajar lebih menyenangkan. Dan dengan penyajian materi secara komperhensif, menjadikan siswa lebih mengerti dan paham keseluruhan ilmu tahsin Al Qur’an dari awal hingga akhir.

Untuk dapat bekerja sama dalam menerapkan Metode Azka baik untuk perorangan, lembaga, atau sekolah silahkan bisa hubungi kontak admin.